cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Scriptura
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2018): DECEMBER 2018" : 5 Documents clear
REPRESENTASI WHITENESS DALAM FILM DOCTOR STRANGE Hindrawan, Feliks; Irawan, Agusly; Lesmana, Fanny
Scriptura Vol 8, No 2 (2018): DECEMBER 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.807 KB) | DOI: 10.9744/scriptura.8.2.41-48

Abstract

Penelitian semiotika pada film Doctor Strange yang mengalami perubahan jalan cerita serta pemerannya dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk melihat penggambaran Whiteness sebagai permasalahan yang terjadi di masyarakat Amerika. Melalui analisis menggunakan kode-kode televisi John Fiske ditemukan bahwa film Doctor Strange mengukuhkan permasalahan Whiteness terkait hegemoni kulit putih atas kulit hitam. Secara intelektual dan akademik kulit putih lebih cerdas dan logis, dalam perekonomian kulit putih lebih kaya dan makmur, secara sosial kulit putih lebih diterima, dan dalam aspek politik kulit putih berpeluang lebih akan hak kekuasaan dibanding kulit hitam.
PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS “BMW” PADA FILM MISSION IMPOSSIBLE: FALLOUT Steven, Steven; Sudrajat, Ratih Hasanah
Scriptura Vol 8, No 2 (2018): DECEMBER 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.134 KB) | DOI: 10.9744/scriptura.8.2.75-82

Abstract

Film Mission Impossible: Fallout adalah salah satu film yang menerapkan penggunaan Product Placement. Product Placement yang paling dominan dalam film ini adalah brand automotive BMW. BMW telah melakukan kerja sama dengan Paramount Pictures sebagai exclusive automotive cars marketing partners untuk film Mission Impossible franchise sejak tahun 2011. Setiap global campaign dari seri film Mission Impossible ini bertujuan untuk mempromosikan launching produk terbaru yang akan dirilis oleh BMW nantinya, Dengan adanya situasi penggunaan product placement secara berturut-turut sebagai sarana promosi menjadi permasalahan yang layak diteliti mengenai bagaimana product placement mempengaruhi brand awareness audience yang menonton film Mission Impossible: Fallout.  Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variable independen yaitu product placement. Variable dependen yaitu brand awareness. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kausal dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang berusia ? 20 tahun dan sudah pernah menonton film Mission Impossible: Fallout. Dengan sample sebanyak 100 orang yang telah dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dengan tehnik Purposive Sampling dan diuji dengan tehnik regresi linear sedeharana. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa tanggapan audience terhadap product placement memiliki pengaruh yang tinggi sebesar 76,53% dan tanggapan audience terhadap brand awareness juga menunjukan kategori tinggi dengan skor sebesar 73,47% dah skor pengaruh hubungan product placement terhadap brand awareness yang diuji dengan analisis regresi linear sederhana bernilai positif dengan perolehan skor sebesar 62,3%
PENGARUH MEDIA SOSIAL BIGO LIVE DAN KEPUASAN DIRI TERHADAP AKTUALISASI DIRI PADA HOST OFFICIAL BIGO LIVE DI JABODETABEK Lasmana, Herlan; Arista, Lutfiah
Scriptura Vol 8, No 2 (2018): DECEMBER 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.949 KB) | DOI: 10.9744/scriptura.8.2.64-74

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh media sosial Bigo Live dan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri. Kehadiran media sosial Bigo Live di kalangan masyarakat menjadi suatu fenomena yang banyak diperbincangkan. Munculnya beberapa motif para host Bigo Live Indonesia dalam menggunakan dan mencari sebuah kepuasan diri terhadap penggunaan aplikasi tersebut, membuat peneliti ingin mengetahui seberapa banyak pengaruh antara penggunaan media sosial Bigo Live dan Kepuasan diri terhadap pembentukan aktualisasi diri para host Bigo Live Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung masing-masing variabel media sosial Bigo Live dan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri, serta menguji pengaruh media sosial Bigo Live bila dikombinasikan dengan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri. Teori utama dalam penelitian ini adalah teori model komunikasi SMCR yang dikembangkan oleh David K. Berlo. Model komunikasi Berlo yang dikenal dengan model SMCR yaitu kepanjangan dari Source (sumber), Message (pesan), Channel (Saluran), dan Receiver (penerima). Peneliti ini mengunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini adalah Host Official Bigo Live Indonesia yang berdomisili di JABODETABEK yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Apabila melihat pada hasil analisis data melalui analisis jalur, ditemukan bahwa terdapat pengaruh langsung dari masing-masing variabel media sosial Bigo Live dan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri. Dengan demikian dapat dikatakan variabel media sosial Bigo Live tidak perlu melalui variabel kepuasan diri terlebih dahulu untuk mempengaruhi aktualisasi diri para Host Official Bigo Live, begitu pula sebaliknya. Gabungan dari kedua variabel memiliki pengaruh lebih besar terhadap aktualisasi diri daripada pengaruh langsung dari masing-masing variabel. Hasil regresi linier berganda membuktikan bahwa kepuasan diri mempunyai pengaruh lebih besar daripada media sosial Bigo Live dan hubungan antara media sosial Bigo Live dengan aktualisasi diri melemah atau hilang jika dimasukan variabel kepuasan diri
BINGKAI PEMBERITAAN PEREMPUAN DI MAJALAH TEMPO EDISI KHUSUS “PEREMPUAN-PEREMPUAN PENEMBUS BATAS” Mandiriani, Natalia; Lesmana, Fanny; Yoanita, Desi
Scriptura Vol 8, No 2 (2018): DECEMBER 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.454 KB) | DOI: 10.9744/scriptura.8.2.56-63

Abstract

Fenomena perempuan yang bekerja di bidang publik biasanya mendapat stereotipe yang merugikan. Pandangan budaya ketimuran menempatkan perempuan seharusnya berada di wilayah domestik untuk mengurus rumah tangga, melayani suami dan merawat anak. Pandangan yang merugikan perempuan ini terjadi salah satunya karena media yang mengukuhkannya. Majalah Tempo pada April 2016 mengeluarkan sebuah edisi khusus yang membahas mengenai perempuan yang bekerja. Melalui analisis framing Pan&Kosicki, ditemukan bahwa Majalah Tempo membingkai perempuan dari pandangan feminisme liberal, dengan menonjolkan perempuan sebagai agen perubahan, sosok pejuang, membutuhkan dukungan, memiliki kemampuan bekerja yang baik, dan terlibat dalam kemajuan bangsa
PEGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERKAIT MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI YOUTUBE DAN CULTURAL INTELLIGENCE TERHADAP MINAT BERKARIER MAHASISWA UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI Saputri, Sekar Dewanti Wiryaning; Alexandrina, Elke
Scriptura Vol 8, No 2 (2018): DECEMBER 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.722 KB) | DOI: 10.9744/scriptura.8.2.49-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan layanan masyarakat terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN di Youtube dan cultural intelligence terhadap minat berkarier mahasiswa untuk bekerja di luar negeri. Konsep yang digunakan adalah dimensi periklanan,  cultural  intelligence,  dan  minat. Metode  penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi  penelitian  ini  adalah  mahasiswa  Universitas  Trisakti  Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Data dalam penelitian  ini  diolah  menggunakan  Partial  Least  Square  (PLS)  dengan  program aplikasi  smartPLS  3.0.  Dari  hasil  penelitian  ini  diketahui  bahwa  iklan  tidak berpengaruh  terhadap  minat,  cultural  intelligence  berpengaruh  terhadap  minat, sedangkan  kontribusi  dari  iklan  layanan  masyarakat  terkait  Masyarakat  Ekonomi ASEAN di Youtube dan Cultural Intelligence  terhadap Minat berkarier mahasiswa untuk bekerja di luar negeri adalah sebesar 66% dan 34% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang didapat dari hasil penelitian ini untuk penelitian serupa yang akan datang  adalah  penelitian  faktor-faktor  lain  berupa  efektivitas  iklan,  penggunaan animasi pada iklan atau penggunakan musik pada iklan

Page 1 of 1 | Total Record : 5